Langsung ke konten utama

Tips: Blackberry Anda Sering Restart Sendiri dan Baterai Cepat Habis?



BB ANDA SERING RESTART SENDIRI?
Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai penyebab blackberry sering restart sendiri serta bagiamana cara mengatasi/ memperbaiki bb sering restart sendiri. Sesekali merestart blackberry memang mempunyai dampak yang positif pada bb anda, namun jika blackberry anda sering mengalami restart sendiri, tentunya akan membuat tidak nyaman dan menimbulkan kekhawatiran rusaknya blackberry tersebut jika dibiarkan.


Namun masalah-masalah tersebut tidak lah harus menjadikan baterai anda sebagai penyebabnya. Sebelum anda memutuskan untuk mengganti baterai Blackberry anda dengan yang baru, ikuti beberapa langkah berikut ini untuk memastikan penyebab masalah.

Sebelumnya perlu anda ketahui bahwa terdapat beberapa faktor yang menyebabkan blackberry sering restart sendiri, entah itu karena software ataupun hardware yang ada pada smartphone blackberry anda. Berikut beberapa point mengenai penyebab bb sering restart sendiri :

Penyebab BlackBerry Sering Restart Sendiri Dan Solusi Mengatasi
1. Space/ ruang memory yang terlalu kecil, berkurangnya ruang memory pada blackberry anda bisa disebabkan karena banyaknya aplikasi berkapasitas besar yang terinstall dan juga karena anda tidak pernah melakukan hapus data/ cookies bb anda. Hal ini yang menyebabkan memori tidak stabil dan terkadang menimbulkan efek blackberry anda restart sendiri.
Cara Mengatasinya : Lakukan clean memory blackberry anda, hapus chat bbm/ sms yang sekiranya tidak perlu disimpan, lakukan clear data dengan menekan tombol “ALT+L G L G ketika berada di menu homepage dan setelah itu cabut batrei blackberry anda.

2. Operating System, (OS) yang tidak stabil. Ketidak stabilan OS ini bisa terjadi karena 2 kemungkinan yakni ada file yang error atau corrupt, bisa jadi dikarenakan ada aplikasi yang conflict. Misalkan ada aplikasi yang sebenarnya untuk OS7 anda install di blackberry OS6, hal ini yang terkadang membuat OS bb menjadi tidak stabil
Cara mengatasi : Lakukan upgrade OS blackberry anda atau backup semua data anda dan lakukan Wipe data.

Pada intinya 2 point itulah yang biasanya menjadi penyebab utama mengapa blackberry sering restart sendiri. Kerusakan seperti ini awalnya tidaklah terlalu beresiko tinggi, namun jika tidak segera anda tangani maka blackberry anda bisa rusak (tidak bisa booting) karena restart sendiri secara terus menerus.

BATERAI BB CEPAT HABIS?
Beberapa keluhan yang sering muncul seperti berikut ini :
"Baru saja di charge sampai penuh, kok dalam 2 jam sudah habis"
"Baterai cepat sekali penuh, setengah jam sudah penuh, tapi ketika dipakai hanya bertahan 3 jam"
"Aneh, BB saya sering kali tiba-tiba mati sendiri, atau restart sendiri. BB juga menjadi sangat boros, apakah baterai nya harus diganti?"
"BB saya boros sekali, hanya bertahan 3 jam, dan BB terasa sangat panas"

Namun masalah-masalah tersebut tidak lah harus menjadikan baterai anda sebagai penyebabnya. Sebelum anda memutuskan untuk mengganti baterai Blackberry anda dengan yang baru, ikuti beberapa langkah berikut ini untuk memastikan penyebab masalah.
1. Upgrade / re-install OS
Ketika kinerja Blackberry dirasa sudah mulai sangat menurun dan mengganggu, ada baiknya anda mulai untuk menginstall ulang OS atau upgrade. Cara upgrade ini sebenarnya sangat mudah, yang anda butuhkan hanyalah komputer/laptop, kabel data BB, dan koneksi internet. Proses ini bisa dilakukan sendiri, dan tentunya bisa tanpa biaya. Untuk detil cara upgrade/reinstall OS, bisa anda cari di Google, cukup banyak artikel mengenai ini. Beberapa OS terbaru biasanya sudah mengandung pembaharuan di bidang efisiensi menggunaan baterai. Hal ini akan cukup membantu mengatasi masalah boros baterai

2. Perbaiki / bersihkan konektor baterai
Arus listrik yang tidak lancar antara baterai dengan handheld bisa mengakibatkan kinerja baterai dalam menyimpan arus tidak maksimal.  Selain itu, hubungan yang tidak sempurna antara konektor seringkali mengakibatkan BB sering hang, atau restart sendiri, atau mati sendiri. Konektor yang berhubungan dengan masalah ini ada 2 macam, konektor di handheld Blackberry (berupa 4 buah logam menonjol berwarna keemasan) dan konektor pada baterai (berupa 4 buah plat logam keemasan).  Bersihkan kedua konektor tersebut, dan usahakan kembali berwarna cerah keemasan. Untuk konektor di handheld, tariklah sedikit ke arah luar, agar konektor kembali memiliki daya tekan yang kuat untuk berhubungan dengan konektor baterai.

3. Periksa charger anda
Sebelum memutuskan untuk mengganti baterai Blackberry anda, cobalah untuk memeriksa charger anda terlebih dahulu. Apakah charger masih cukup baik kinerja nya untuk 'memberi makan' baterai, atau justru sudah kehilangan tenaganya untuk memberi supply arus sejalan dengan bertambah usia nya. Cara termudah untuk menguji charger anda adalah dengan menggunakan charger teman atau charger lain dan dilihat perbedaan nya. Tentunya pastikan terlebih dahulu bahwa yang digunakan adalah charger Blackberry original, karena spesifikasi dan keamanan arus listrik supply lebih terjamin
4. Perhatikan kekuatan sinyal daerah anda

Baterai bagus, charger bagus, OS normal, konektor sudah bersih, namun jika kekuatan sinyal di daerah anda lemah dan tidak stabil, maka baterai Blackberry anda akan cepat sekali terkuras dan BB akan menjadi panas. Suhu tinggi tersebut terjadi karena BB bekerja ekstra keras untuk memperoleh sinyal yang memadai, dan pada akhirnya membutuhkan daya yang sangat besar. Baterai anda akan terkuras dengan cepat. Untuk itu usahakan anda menyimpan BB di tempat yang cukup bagus kekuatan sinyal nya. Walaupun anda berada di daerah yang memiliki kekuatan sinyal yang buruk, namun tetap ada beberapa titik di rumah/kantor anda yang memiliki kekuatan sinyal yang memadai.

Dengan melakukan hal-hal yang disebut diatas, pada banyak kasus cukup menyelesaikan masalah, dengan tanpa biaya. Namun jika beberapa usaha tersebut diatas masih belum juga membuahkan hasil kepada kinerja daya tahan baterai, barulah anda boleh menjadikan sang baterai sebagai tersangka. Saat nya anda mengganti baterai Blackberry anda dengan yang baru.

(sumber: idblackberry.net/penyebab-blackberry-sering-restart-sendiri.html & batrebb.com/index.php?route=information/information&information_id=28)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serial Mahabharata ANTV

Mahabharata adalah sebuah serial drama televisi mitologi berbahasa Hindi dari India berdasarkan kesusastraan Mahabharata. Serial ini mulai ditayangkan di STAR Plus sejak 16 September 2013. Di Indonesia, serial ini ditayangkan oleh antv setiap hari Senin-Sabtu, pukul 21.00 WIB sejak The Adventures of Hatim tayang.

Cerita Dayak Kenyah Dari Dataran Apokayan

HumaBetang - Suku Kenyah adalah suku Dayak yang termasuk rumpun Kenyah-Kayan-Bahau yang berasal dari dataran tinggi Usun Apau, daerah Baram, Sarawak. Dari wilayah tersebut suku Kenyah memasuki Kabupaten Malinau, Kalimantan Timur melalui sungai Iwan di Sarawak terpecah dua sebagian menuju daerah Apau Kayan yang sebelumnya ditempati suku Kayan dan sebagian yang lainnya menuju daerah Bahau. Pergerakan suku ini menuju ke hilir akhirnya sampai ke daerah Mahakam dan akhirnya sebagian menetap di Kampung Pampang Samarinda Utara, Samarinda. Sebagian lagi bergerak ke hilir menuju Tanjung Palas. Suku Kenyah merupakan 2,4% penduduk Kutai Barat.

Batu Ayau Tempat Suci Ksatria Kayau Suku Dayak Ot Danum

HumaBetang - Yang dinamakan Batu Ayau adalah nama bukit atau gunung tempat suku Dayak Ot Danum-Ngaju melakukan ritual adat sebelum melakukan kayau-asang jaman dahulu. Bukit Batu Ayau ini dianggap keramat dalam adat Kaharingan di Kalimantan Tengah, yang terletak di wilayah Kabupaten Murung Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, berbatasan dengan Kalimantan Timur, dengan ketinggian sekitar 1.652 meter dari pemukaan laut.