Langsung ke konten utama

Wisata Pulau Samber Gelap si Raja Ampat Kalsel


Ternyata di provinsi Kalimantan Selatan, terdapat pulau yang sangat indah, dan keindahannya tak kalah dari Raja Ampat di Papua Barat. Pulau ini sangat nyaman untuk bersantai dan melepas lelah, yang juga menjadi habitat penyu. Namanya Pulau Samber Gelap.


Pulau ini terletak di Kecamatan Sebuku, Kotabaru, Kalimantan Selatan. Pulau ini tak hanya punya pantai berpasir putih dan perairan yang luar biasa jernih, tapi juga menjadi habitat penyu. Wisatawan bisa melihat penyu-penyu bertelur di pinggir pantai.

Lokasi pulau dari ibukota Kabupaten Kotabaru hanya menempuh waktu 2 (dua) jam perjalanan menggunakan speedboat, dengan mempertimbangkan waktu keberangkatan pada pagi hari serta pada bulan-bulan tertentu untuk menghindari gelombang.  Bulan yang disarankan yaitu bulan April, Mei, Oktober, November dan Desember dimana angin yang bertiup yaitu "angin Barat", sedangkan bulan yang tidak disarankan yaitu bulan Januari, Pebruari dan Maret saat angin yang bertiup "angin Utara" serta bulan Juni, Juli, Agustus, dan September saat angin yang bertiup "angin Tenggara".


Pantainya memiliki pasir yang sangat lembut dan putih, dengan gelombang  yang tidak terlalu besar sehingga untuk berjemur dan berenang akan menjadi lokasi yang sangat tepat.

Wisata memancing (fishing) juga dapat menjadi alternatif pengembangan wisata, dilokasi banyak ditemukan spot-spot ikan terutama ikan tengiri dengan bobot yang cukup besar, sehingga dengan pengelolaan yang baik akan menjadi salah satu pilihan untuk wisata fishing. 

(sumber: bappeda-kotabaru.info)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serial Mahabharata ANTV

Mahabharata adalah sebuah serial drama televisi mitologi berbahasa Hindi dari India berdasarkan kesusastraan Mahabharata. Serial ini mulai ditayangkan di STAR Plus sejak 16 September 2013. Di Indonesia, serial ini ditayangkan oleh antv setiap hari Senin-Sabtu, pukul 21.00 WIB sejak The Adventures of Hatim tayang.

Cerita Dayak Kenyah Dari Dataran Apokayan

HumaBetang - Suku Kenyah adalah suku Dayak yang termasuk rumpun Kenyah-Kayan-Bahau yang berasal dari dataran tinggi Usun Apau, daerah Baram, Sarawak. Dari wilayah tersebut suku Kenyah memasuki Kabupaten Malinau, Kalimantan Timur melalui sungai Iwan di Sarawak terpecah dua sebagian menuju daerah Apau Kayan yang sebelumnya ditempati suku Kayan dan sebagian yang lainnya menuju daerah Bahau. Pergerakan suku ini menuju ke hilir akhirnya sampai ke daerah Mahakam dan akhirnya sebagian menetap di Kampung Pampang Samarinda Utara, Samarinda. Sebagian lagi bergerak ke hilir menuju Tanjung Palas. Suku Kenyah merupakan 2,4% penduduk Kutai Barat.

Batu Ayau Tempat Suci Ksatria Kayau Suku Dayak Ot Danum

HumaBetang - Yang dinamakan Batu Ayau adalah nama bukit atau gunung tempat suku Dayak Ot Danum-Ngaju melakukan ritual adat sebelum melakukan kayau-asang jaman dahulu. Bukit Batu Ayau ini dianggap keramat dalam adat Kaharingan di Kalimantan Tengah, yang terletak di wilayah Kabupaten Murung Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, berbatasan dengan Kalimantan Timur, dengan ketinggian sekitar 1.652 meter dari pemukaan laut.